Sunday, April 13, 2014

Tips LULUS UN ala KUNTI



Terlalu mainstream banget deh kalo tiap mau UN artikel-artikel yang berbau UN pada muncul, semisal tips UN dan suka duka serta cara move on dari UN. Karena gue orangnya antimainstream banget yang gituan, jadi kali ini gue mau share "Tips Lulus UN ala Kunti"
"Kampret!! Itu sama aja mainstream, bego!! Malah mainstream banget!!!"
Terserahlah orang mau bilang apa, yang penting aku padamu #lah.

Langsung aja yuk mari simak beberapa tips Lulus UN ala Kunti.

1. Persiapin otak mateng-mateng.

Malem sebelom pagi di hari H Ujian Nasional, belajar lah serajin dan sesering mungkin. Gak cuma belajar ngelupain mantan gebetan aja yang bisa malem hari sebelum tidur, tapi belajar buat UN juga bisa. Asal belajarnya jangan sampe liat foto mantan. Jadi double belajarnya, belajar dari otak dan dari hati. Gak masalah sih kalo lo seorang yang multitasking. Tapi takutnya ntar buku pelajaran lo basah kuyub karena air mata efek belajar ngelupain mantan gebetan, trus lo jadi gabisa belajar untuk UN besok kan? Mending kerjain satu-satu aja. 

Gini, misal lo pulang sekolah jam 2, dari jam 3 - 5 sore lo belajar buat UN, kemudian 2 jam lo istirahat dulu, sempetin sholat magrib, berdoa moga UN dilancarin trus hati gebetan cair. Lanjut di jam 7 sampe 10, belajar buat UN lagi. Endingnya di jam 10 sampe pagi lo bisa belajar ngelupain mantan gebetan. Nah, jadinya buku pelajaran lo terhindar dari basah kuyub akibat air mata kan?

2. Pergi ke sekolah pagi banget dan jangan lupa pamit, minta restu sama orang tua.

Karena belajar ngelupain mantan bikin lo gabisa tidur sampe pagi, daripada lo galau mikirin cara ngeringin bantal dengan cepat efek tu aer mata, mending lo langsung siap-siap ke sekolah. Gue saranin sih jam 3 udah rapi dan tjakep. Jadi jam 5 lo udah bisa langsung cus ke sekolah. Kalo misal sekolah lo jauh, jam 4 udah bisa langsung cabut.

"Nah ngapain dong dari jam 3 sampe jam 5 nya?"
pertanyaan cerdas banget!! Dari jam 3 sampe jam 5, biar seragam sekolah lo gak kusut lagi, gue saranin lo ajak seluruh keluarga lo, kalo perlu panggil juga tetangga berkumpul di rumah. Buat lingkaran dan lo adain doa bersama, yasinan ato kalo perlu sekalian arisan. Jadi lo dapet doa juga duit.

Sebelom melangkahkan kaki dari rumah, ada baiknya lo pamit dan minta restu sama orang tua. Cium tangan dan kaki, bilang gini
"Ma, Pa. Doain princess yaa. Moga princess bisa ngejawab soal UNnya dengan lancar, jadi nanti princess bisa lulus sekolah dan menuntaskan cita-cita princess dari dulu, yaitu coret-coret seragam sekolah"
#PRAK #kemudianmemar #sakit #gajadiUN #galulus #nangis karena-gabisa-coretcoret-seragam-sekolah

3. Bahas materi Ujian dengan temen yang pinter sebelom mulai UN

Sampe sekolah jam 6 kurang, pastikan lo sudah janjian terlebih dahulu bareng temen. Karena kalo nggak lo bakal dikira ayam sekolah (kalo ayam kampus kan udah kuliah) yang baru pulang dianter om-om. Lagian kalo lo gak janjian dahulu dengan temen, lo ke sekolah mau ngapain? Bantuin mang Aceng ngepel ruangan kepala sekolah? Boleh juga tuh. Tapi kasihan seragam lo jadi kusut ntar, bikin persiapan UN gak maksimal kan.

Sisa-sisa waktu menuju UN gue saranin dipake untuk bergumul dengan temen-temen yang terkenal punya otak encer -sangking encernya bikin kelas banjir- gitu. Silahkan deh elo tuntasin tanda tanya lo hasil dari belajar semalem. Misal, kenapa 1 ton itu sama dengan 1.000 kg? Jangan pula lo tanya, kenapa mata lo mengeluarkan benih-benih air bening saat lo ngeliat gebetan bercumbu mesra dengan guru killer.

4. Masuk ke kelas dan duduk dibangku sesuai nomor Ujian

Yang ini tips penting banget!! Karena kalo lo salah masuk kelas dan salah duduk bangku, dipastikan lo gak akan lulus UN berikut juga sekolah. Akhir cerita lo gak akan bisa coret-coret seragam.

5. Berdoa sebelom soal UN dibagiin

Begitu lo udah masuk ke kelas dan duduk dibangku yang sesuai, ada baiknya lo ajak pengawas Ujian dan temen-temen sekelas, sebangsa, dan setanah air untuk berdoa bareng. Kalo perlu elo juga yang memimpin sesi doa. Jadi, dapet berkah dari Allah moga di jamaah-Nya, sekaligus dapet gebetan baru (kali aja ada yang kagum liat lo berani mimpin doa)

6. Awali dengan Bismillah

Pengalaman gue pas UN 2 tahun yang lalu, kertas jawaban ujian lebih dahulu dibagiin ketimbang soal. Saran gue, sebelom lo mulai ada baiknya ucapkan Bismillah. Bismillah kertas jawaban yang lo dapet tebel, gak mudah koyak. Bismillah nama lengkap lo jadi lebih singkat dari aslinya. Bismillah pensil 2B lo gak patah. Bismillah hati gebetan jatuh ke elo. Yang terakhir mungkin gak akan terjadi. 

Kenapa demikian? Karena berdasarkan riset gue dan lulus uji ITB dan IPB, nulis biodata di kertas jawaban jauh lebih sulit ketimbang ngejawab soal Ujian ke kertas jawaban. Ini dikarenakan jawab soal berbanding 1:1.000 dengan biodata diri. 1 soal lo hanya perlu ngebuletin 1 lobang. Sedangkan ngisi biodata? Bersyukurlah lo yang punya nama 1 kata doang. Besok gue mau kasih nama anak gue "B" (red BE). Jadi pas dia Ujian gak makan waktu lama-lama. Makan nasi aja lama, apalagi makan waktu.

7. Jawab soal yang mudah dahulu

Gue zamin (pake z karena sangking yakinnya gue) pengawas ujian bahkan guru-guru lo sebelom Ujian berlangsung berkata "Zawab soalnya yang paling mudah dahulu ya anak-anak". Gue pun nyarani begitu. Gak perlu jawab soal berurutan dari nomor 1 - 103 (kenapa musti ganjil gini jumlah soalnya?). Ntar kalo soal nomor 2 sulit, lo bakal stuck sampe situ doang. B*tch!! Waktu Ujian lo gak sama kaya waktu elo tuk ngelupain gebetan!! Sadarlah!!!

8. BERDOA!!!!!

Saat semua soal yang mudah sudah lo jawab terlebih dahulu yang ternyata dari 103 soal hanya 3 yang berhasil lo jawab. Sisa jawaban soal yang sulit -menurut lo- ini harus lo dapetin se-segera mungkin. Dengan caraaaaaaa......... mikir? Gak mungkin. Dengan kadar jawaban 3 dari 103 aja udah nunjukin tu otak hanya seperempat dari sendok teh, bisa dipastikan soal gak akan terjawab. Jalan satu-satunya... BERDOA.
Berdoa semoga doa selama ini di jamah-Nya.
Berdoa semoga hasil makan buku pelajaran tadi malem tau jawabannya.
Berdoa semoga mukjizat ter-Ilahi muncul. Iya, ter-Ilahi hasil dari dateng pagi-pagi ke sekolah dan bergumul dengan mereka yang "pintar" #IfYouKnowWhatIMean

Itulah tips-tips terCETAR MEMBAHANA ULALA untuk lulus UN ala Kunti. Gue saranin lo baca tipsnya cukup judul saja, gaperlu keterangannya. Bikin terjatuh dan tak bisa bangkit lagi. Padahal lo bukan butiran debu kan yaaaa.

Akhir tulisan, gue ucapin SELAMAT MENEMPUH HIDUP BARU UJIAN NASIONAL bagi yang menjalankan. Boleh saja percaya dengan mukjizat ter-Ilahinya, tapi lebih percaya dengan usaha sendiri itu jauh memberi berkah. Moga segala keinginan saat sebelum-sedang-ato setelah Ujian dijabah Allah.

Moga LULUS dan jumlah pengangguran pun bertambah. Sekian dan terimacacian :3

Minggu - 13 April 2014 22:38wib - saat kasur di kamar minta di gumuli

Pict source : KLIK!!
Caecilia Ayu Wulandari Web Developer

Morbi aliquam fringilla nisl. Pellentesque eleifend condimentum tellus, vel vulputate tortor malesuada sit amet. Aliquam vel vestibulum metus. Aenean ut mi aucto.