Monday, May 6, 2013

Hobi Stress? Hati-hati Otakmu Menyusut


Holaaaaaah.
Gue ngucapin hepi wik'en dulu dah buat para jomblo seantero dunia.
Biasanya kan para jomblo itu suka lupa sama harinya jalan bareng pacar.
Ngoahahaha._.v

Sesuai judul postingan gue di atas, kali ini gue mau berbagi seupil ilmu pengetahuan.
Ya kalo yang udah tau mah, bisa ingetin lagi.
Buat yang belom tau, monggo di simak.

Rrrrrrrr
Gue mau mati aja!! Semua orang udah ninggalin gue!! Gue pusiiiing!!!
si Harry 1D maksa gue buat jadi kekasihnya. Padahal gue gabisa karena disatu sisi si Zayn Malik 1D jauh lebih baik dari Harry.
Gue gak bisa dihadapkan hal ini!!!
Pilih salah satu, tapi mereka bertemen. Gue takut hanya garagara gue 1D bisa bubar :a:
...........
...........
...........
"Sil bangun woy!!!!!!"
*ngelap iler* Aaaaaaaaaaaaaah untung cuma mimpi.
Ha MIMPI?
Yah cuma mimpi :(

"sebenernya apa yang mau lo bahas sih Sil?"
haha iya kembali ke topik.
Sebenernya cerita diatas hanya memperagakan bagaimana stress itu bisa terjadi.

Nih gue kasih tau beberapa penyebab timbulnya stress :
1. Faktor Ekonomi
Zaman sekarang siapa sih yang gak butuh uang untuk hidup? Jarang bahkan mungkin udah bisa di hitung pake jari manusia di dunia ini yang mampu hidup tanpa uang.
Karena faktor ekonomi adanya dana pengeluaran yang terus-menerus terjadi tiap hari, kebutuhan terus bertambah, ini akan menyebabkan stress pada diri anda sendiri.

2. Kecanduan kerja
Nah ini buat para jomblo-jomblo yang sibuk ngurusin karir. Hati-hati terkena serangan stress karena terlalu menekuni pekerjaan.
Tekun itu gak salah, tapi kalo udah pake TERLALU itu bahaya.

3. Hubungan pribadi
Kalo yang ini khusus para pasangan-pasangan. Hubungan kalian yang rumit bisa menyebabkan kalian terkena stress.

Dan beberapa lainnya dah. Yang pasti tanpa dikasih tau pun kalian pasti tau apa aja yang menyebabkan stress.
Menurut gue sih segala hal yang lo lakuin bisa aja menyebabkan stress.
Lo lagi diem trus tiba-tiba megang kepala lo aja itu udah berarti dalam tekanan stress.

Nah kalo udah ngalami gejala stress begitu, sebaiknya jangan dilanjutin buat mikir tu otak.
Coba di istirahatin dulu beberapa menit sambil nyeruput.

Hal jangka panjang yang bisa terjadi akibat stress itu :
1. Kerusakan sel otak
Saat lo lagi stress, saat itu pula otak melepaskan hormon glukokortikoid secara bertahap.
Pelepasan hormon ini membuat lemah sel-sel otak yang akhirnya membunuh sel tersebut.
Selain itu, adrenalin juga dilepaskan saat stress. Itu dia kenapa saat stress orang menjadi gelisah dan bingung.
Tapi berkat si adrenalin ini lah membuat hormon glukokortikoid tidak begitu banyak yang lepas.

2. Memori Low!!!
Diatas udah dijelasin kalo stress bikin hormon glu.... *capek ngetik namanya* sering terjadi pelepasan secara terus menerus.
Hal ini menyebabkan ujung saraf terhubung dengan sel otak yang baru, hingga membuat pengiriman informasi bolak/i menjadi sulit dan lama-lama kehilangan memori jangka pendek.

3. Otak MENYUSUT !!
Pernah trauma akan sesuatu dari awal terkena trauma sampe sekarang?
Ini akibat dari otak lo yang menyusut men.
Jadi kalo lo keseringan stress, menyebabkan wilayah hippocampus menyusut selama beberapa waktu.
Ngefek bikin lo sulit untuk fokus dan mengingat fakta-fakta

4. STROKE??!!!
Hanya karena stress pun lo bisa terserang penyakit mengerikan ini men!!
S-T-R-O-K-E
yak 6 kata tapi mengandung banyak arti.
Ini karena pembuluh darah dan saraf terjepit membuang sirkulasi darah, oksigen, dan nutrisi ke otak terhalang.
Itu berarti kemampuan otak untuk menyembuhkan dirinya berkurang.

5. Penyebab depresi
Makhluk hidup memiliki hormon yang dapat membuat bahagia, sebut saja Endorfin.
Endorfin mudah lepas karena stress yang kita alami.
Ini dapat membuat orang tersebut kehilangan harapan dan menemukan segala sesuatu nya menjadi sulit.

Yah begitu lah kira-kira pengetahuan yang bisa gue kasih di postingan kali ini.
Moga bermanfaat.

Dan ternyata gue bisa menjadi sedikit waras dalam menulis :')
Caecilia Ayu Wulandari Web Developer

Morbi aliquam fringilla nisl. Pellentesque eleifend condimentum tellus, vel vulputate tortor malesuada sit amet. Aliquam vel vestibulum metus. Aenean ut mi aucto.