Saturday, May 4, 2013

SEMARANG : tak metropolitan tapi nyaman (Jalan yok, Kun!)


Rrrrrrrrrrrrr
Ngetik nya penuh dengan ekspresi sambil ngelus-ngelus perut
Sakit maaaaaaak :k:
#abaikan

Kali ini bahas tentang jalan-jalan yok!!
Siapa sih yang gak doyan jalan-jalan apalagi gretongan.
Hanya orang gak waras yang gak suka jalan-jalan. Selain bisa ngerefresh otak dari full aktifitas elo, tentu bisa nambah-nambah ilmu ato barang lah dari hasil jalan-jalan lo itu. Tapi jangan nambah pacar baru, mblo.

Bahas didaerah mana dulu yaaa? Sangking kayanya Indonesia dengan daerah yang patut di datengin, jadi bingung gini.
Karena Semarang baru berduka, jadi gue bahas dari Semarang dulu aja.
Biar lo ke Semarang gak hanya untuk ke lokasi kecelakaan maut, tapi ke tempat-tempat ini

1. KOTA LAMA
Dimulai dari Stasiun Tawang.
Gue paham kok paham elo pada kere-kere yang maunya serba gretong. Tapi untuk ke KOTA LAMA ini tak begitu memungut biaya mahal kok asal lo mau sedikit sederhana.
Dengan menggunakan kereta api, turun di Stasiun Tawang.
Wet jangan kaget begitu kalian udah turun dari kereta karena disuguhi bangunan-bangunan di sekitar yang kuno-kuno. Yah namanya saja KOTA LAMA move on di Semarang.
Mengarah ke pusat kota, lo bakal ngelewatin Gereja Immanuel yang berkubah unik, yang ngetop dengan nama Gereja Blenduk.
Nih penampakannya
sudut KOTA LAMA

2. SIMPANG LIMA
Nah tralala! Ini dia pusat kotanya Semarang :k:
Lapangan Pancasila terbentang luas dan dikelilingi oleh mall-mall yang cukup jadi favorit.
Bahkan bundaran ini punya jadwal macet tersendiri, yaitu malam minggu.
Selain nongkrong di mall, seru juga kalo lo nyobain makan di warung nasi ayam lesehan daerah sekitarnya.
Tapi lapangannya dipake untuk Pasar Tiban sampai Minggu Paginya.
Jalurnya nih dari KOTA LAMA > Jalan Pemuda > Jalan Gajahmada.
nih penampakannya
bunderan kek HI yak, cuma beda isinya :f:

3. PUSAT OLEH OLEH PANDANARAN
KOTA LAMA > Jalan Pemuda > Jalan Gajahmada > Jalan Pandanaran
Gimana rasanya jalan-jalan ke daerah orang tanpa oleh-oleh khas dari daerah tersebut?
Elo pun pulang pasti ngerasa kecil hati karena gak ada yang bisa di kasih ke temen, keluarga, ato siapa lah yang gak lo ajak.
Udah gak ngajak jalan-jalannya, pulang dengan tangan kosong lagi, wah calon orang PELIT nih.
Ngoahahaha :f:
Jalan-jalan di Semarang, beli oleh-oleh nya di sini aja. Telah dipatenkan menjadi pusat oleh-oleh khas Semarang sejak.................hmm gatau berapa :n:
Ini dikarenakan sederet toko menjual bandeng presto, wingko babat, lunpia dan kue-kue lainnya.
Hati-hati kesini pas libur panjang, dijamin macet, men.
nih penampakannya
banyak pilihannya men :j:

4. TUGU MUDA
Dari Pandanaran coba deh menuju jalan Siliwangi. Elo bakal ketemu bundaran yang tengahnya ada tugu gede yang menjadi icon kota Semarang.
#FYI aja, tugu ini dibangun untuk mengenang pertempuran 5hari di Semarang yang terjadi pada tanggal 15 Oktober 1945.
Disekeliling tugu ini ada Lawang Sewu, Wisma Perdamaian dan Museum Mandala Bakti.
Tempat yang lengkap lo mengabadikan jalan-jalan elo ini dengan jepret-jepretan.
"ada Lawang Semu, sil?"
haha iyaaaaaaaaa.
Pasti udah pada tau kan dengan bangunan kuno berbentuk unik yang sudah lebih sering kosong dan hanya sesekali dipakai untuk pameran, termasuk icon Semarang juga.
Kalo hari udah malem, jangan dulu deh beranjak dari tempat ini, karena di Lawang Sewu menyediakan wisata malam hari buat elo menjelajah ke dalamnya.
Hiiiiiiiiiii :g:
hati-hati ketemu sebangsa gue :c:
Jalurnya dari KOTA LAMA > Jalan Pemuda (terooooos sampe ujung)
ada watermark sumber pictnya. Hehe
Dan ini Lawang Sewu
ciri khas belandanya emang kecirenan

5. KLENTENG SAM PO KONG
Dari KOTA LAMA > Jalan Pemuda > Kali Sari > Kali Garang > Gedung Batu
Sering lihat buku tahunan dengan icon background klenteng, ya mungkin di klenteng ini lah salah satunya di jepret.
Bentuknya yang unik dan artistik membuat tempat ini paling sering untuk pemotretan buku tahunan.
#FYI , klenteng ini dibangun untuk mengenang Laksamana Cheng Ho, pelayar asal Cina.
Cheng Ho sempat berlabuh dikawasan Gedung Batu ini dan stay beberapa hari di Semarang.
Tak hanya itu, dia juga dikenal sebagai icon yang menyebarkan agama Islam di kota ini.
nih penampakannya
tempat sampah pun buat atap seperti klenteng

6. PANTAI MARINA
Dari KOTA LAMA > Jalan Pemuda > Jalan Siliwangi > PRPP > Arteri
Setelah seharian jalan-jalan kesana kemari, beli oleh-oleh untuk mereka yang lo tinggal, dan menghabiskan memori hape nok*a 1202 elo untuk jepret-jepret, disinilah ending perjalanan untuk menghilangkan letihnya seharian elo.
Hulalaala Pantai Marina :k:

Di pantai ini tergolong murah meriah dan menenangkan jiwa.
*jelas aja jiwa tenang, kantong kgak terkoyak lebar sih* :f:
Bisa naik boat, jet ski atau sekedar duduk-duduk menikmati suasana aja.
Minggu pagi kesini bareng keluarga, bawa bekal sendiri, ya seperti piknik, seru banget.
Dan dikawasan ini juga terkenal dengan resto-resto seafood-nya yang enak buat dinner elo.
nih penampakannya
yg ngejepret keceh ni ngambilnya :j:

Udah trus nomor berapa lagi yak?
Lanjut ke tujuh!!
...........
............
............
Udahan rupanya.
Itu doang deh yang bisa gue share.
Semoga bermanfaat dan bisa jadi referensi planning long weekend elo untuk kesanaaa.
Jangan lupa oleh-oleh buat gue yang udah ngasih tau info-info itu!!
Haha

tengkyu udah mau mampir
:l:

source pict :
http://kfk.kompas.com/kfk/view/20186
http://futureleadersummit.wordpress.com/visit-semarang/
http://rusabawean.com/jalan-jalan-ke-tempat-wisata-kota-semarang.html
http://coretanpetualang.wordpress.com/petualangan-budaya/sejarah-jawa/must-see-places-in-semarang/
http://indonesianing.blogspot.com/2011/12/lawang-sewu-thousand-doors-of-building.html
http://mrstessa.blogspot.com/2009/05/klenteng-sam-poo-kong-semarang.html
http://jateng2013.blogspot.com/2012/06/pantai-marina.html
Caecilia Ayu Wulandari Web Developer

Morbi aliquam fringilla nisl. Pellentesque eleifend condimentum tellus, vel vulputate tortor malesuada sit amet. Aliquam vel vestibulum metus. Aenean ut mi aucto.